Tips Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Penyakit Ambeien Termasuk yang paling di takuti saat di alami oleh wanita hamil. Apalagi jika benjolannya sudah memasuki stadium 3, pasti yang terpikirkan saat itu; Apakah nanti bisa melahirkan normal? Apakah Ambeien ini akan bertambah parah saat melahirkan? Apakah ada obat ambeien yang aman?.

Sekarang anda sudah tak perlu khawatir lagi tentang masalah ambeien, seiring dengan berjalannya waktu sudah di temukan solusinya. Beberapa di antaranya di bahas pada topik pembicaraan kita kali ini.

Ambeien Saat Hamil

Tips Cara Mengatasi Ambeien Saat Hamil secara umum di bagi menjadi tiga jenis yaitu dengan menggunakan obat herbal, membuat ramuan sendiri di rumah dan menjaga pola hidup yang sehat.

Tips Mengatasi Ambeien Saat Hamil dengan obat herbal

Obat herbal yang sudah umum di konsumsi oleh penderita ambeien saat hamil ada 2 obat yaitu ambejoss dan salep salwa. Kandungan dari ambejoss terdiri dari buah mahkota dewa, daun ungu dan kunyit putih. sedangkan salwa salep bahan utamanya daun binahong, minyak zaitun dan propolis.

1. Daun Ungu

Daun Ungu berfungsi untuk mengatasi ambeien dan sembelit. kandungan daun ungu antara lain Alkaloid non toksit, flavonoid, glokosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format, dan lemak dengan berbagai kandungan kimiawinya, daun ungu mempunyai sifat sebagai anti inflamasi, anti plak gigi, dan mencegah sakit keptika manopouse, peluruh kencing, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan(laksatif), dan pelembut kulit(emoliens).

Daun tumbuahan ini mengandung alkaloid yang tidak beracun, glikosida, steroid, saponin, tanin, klorofil, dan lendir. Batang daun wungu mengandung kalsium oksalat, asam formik dan lemak. Bagian yang digunakan antara lain daun, kulit batang dan bunganya. Daun ungu adalah tumbuhan perdu yang tegak. Tingginya adalah 1,5-8 m. Batangnya termasuk batang berkayu, beruas, permukaannya licin dengan warna ungu kehijauan. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat, pertulangannya menyirip, permukaan atasnya mengkilap, dan tepinya rata. Bunganya majemuk, keluar di ujung batang, dengan rangkaian tandan yang berwaran keunguan dengan panjang 3-12 cm. Buahnya berbentuk kotak yang lonjong, berwarna ungu kecoklatan. Bijinya bulat dan putih dan berkulit tebal. Akarnya berjenis tunggal dan berwarna coklat muda

2. Mahkota Dewa

Mahkota Dewa Sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia.Tanaman ini Asalnya dari Papua/Irian Jaya.

Tanaman atau pohon mahkota dewa Pada umumnya ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.

Untuk memperpanjang waktu penyimpanan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Kondisi pengeringan yang tepat akan menentukn mutu hasil pengeringan yang tinggi.

3. Kunyit Putih

Kunyit Putih atau di sebut juga Curcuma zedoaria di kenal sebagai salah satu tanaman obat yang cukup berkhasiat. Kunyit putih banyak digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi sejumlah penyakit yang menyerang tubuh. Penggunaannya bisa sebagai obat dalam ataupun luar. Salah satu khasiat dari kunyit putih yaitu dapat digunakan sebagai obat anti kanker dan tumor. Berdasarkan hasil dari salah satu penelitian yang dilakukan oleh Chan minyi bersama rekan-rekannya (hasil penelitian dimuat dalam buku berjudul ” Anti Cancer Medical Herbs “) menyebutkan bahwa unsur kimia dalam kunyit putih memiliki kemampuan mengatasi penyebaran sel kanker dan tumor dalam tubuh secara efektif. dan masih banyak lagi manfaat dari Kunyit putih ini. Baca juga topik tentang Obat Manjur Buat Ambeien Parah .

4. Daun binahong

Daun binahong yang terdapat dalam Salep wasir Salwa sudah diketahui memiliki khasiat yang ampuh untuk mencegah dan mengobati penyakit wasir karena memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak dapat digunakan untukmemasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandunglemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol). Minyak ini telah terkenal di seluruh dunia sebagai bahan alami yang sangat berkhasiat karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat melarutkan lemak jenuh dalam tubuh. Lemak jenuh adalah jenis lemak jahat yang dapat menyumbat saluran peredaran darah yang dikenal juga dengan HDL, sementara lemak tak jenuh adalah lemak baik yang dapat menghilangkan timbunan lemak jahat yang menyumbat jalannya aliran darah dalam tubuh dengan cara melarutkannya untuk kemudian dibuang.

Tips Mengatasi Ambeien Saat Hamil dengan ramuan sendiri

Salah satu ramuan yang aman untuk mengobati ambeien saat hamil yang pertama yaitu menggunakan daun cocor bebek. caranya cukup mudah yaitu:

  • Siapkan 6 lembar daun cocor bebek yang sedang dan tidak terlalu tua.
  • Siapkan 2 gelas air
  • siapkan panci dan kompor
  • Kalo perlu boleh di tambahkan garam atau gula secukupnya

Cara Membuat dan konsumsi:

  • Rebus 6 lembar daun cocor bebek dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas air
  • Saring airnya
  • Minum air setelah di saring 3 kali sehari, lakukan sampai sembuh

Tips Menjaga pola hidup sehat

Tips mengatasi ambeien dengan menjaga pola hidup di lakukan dengan 2 cara yaitu mengikuti anjuran dan pantangannya. Hal ini penting di lakukan jika anda menginginkan benjolan ambeien yang sedang di alami tidak bertambah parah dan besar.

Anjuran Penderita Ambeien

Anjuran bagi penderita Ambeien di antaranya:

  1. Berolah ragalah secara teratur
  2. Makan dengan teratur
  3. BAB dengan teratur. (paling sagat dianjurkan)
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  5. Perbanyak minum air putih.(sangat bermanfaat)
  6. Hindari stress
  7. Minumlah susu pada waktu sarapan dan makan malam.
  8. Segeralah BAB jika ada sinyal mau BAB
  9. Hindari minuman suplemen seperti extra…Krati…dan sejenisnya. Berdasarkan pengalaman saya dulu waktu awal-awal gejala ambien yang belum saya sadari, jenis minuman-minuman ini membuat tinja keras dan berukuran besar. Jadi jika anda sedang menderita ambien hal ini akan memicu terjadinya luka/iritasi pada ambien dan memicu keluarnya darah segar dari anus, lebih lanjutnya menyebabkan infeksi dan gatal-gatal disekitar anus bagian luar.
  10. Hindari mengejan dengan menggunakan otot anus 100%. Maksudnya megejan dengan otot anus akan memperburuk kondisi dan memperbesar ambien. Karena tekanan dari menahan BAB saja sudah membuat ambien tumbuh apalagi di tambah dengan mengejan. Untuk menghindari mengejan pada waktu BAB, tariklah nafas dalam-dalam dan tahan beberapa saat berulang-ulang sampai tinja keluar. Tips ini sudah saya coba dan hasilnya tinja yang susah keluar bisa kita tekan pelan2 menggunakan pernafasan ini tanpa mengejan yang berlebihan.
  11. Perbanyak minum air putih. Banyak yang tahu dari kita standar kebutuhan air untuk kesehatan perhari adalah 5 lter / hari. Banyak yang menganggap bahwa 5 liter tersebut adalah air putih seluruhnya. Padahal dari artikel2 yang pernah saya baca 5 liter tersebut termasuk kadar air didalam makanan yang kita makan semisal : nasi. Pernah saya terapkan minum air putih banyak-banyak, hasilnya perut kembung alias koplak ( bahasa jawa:red).
  12. Apalagi jika anda habis olah raga futsal atau bulutangkis misalnya, terus minum air putih banyak bisa muntah bro. Tetap atur ritme dalam minum air, sedikit saja dulu tunggu keringat dan panas badan turun baru minum lagi. Menurut pengalaman saya (untuk kasus penderita ambien), biasanya diluar minum air putih saat makan, kita tidak pernah atau jarang minum air putih. Nah disitulah yang membuat kita kekurangan pasokan air putih dalam tubuh.
  13. Perbanyak minum air putih menurut saya punya maksud : diluar waktu makan tetap luangkan waktu untuk minum air putih 3 sampai lima gelas. Menurut saya hal ini sudah akan mengurangi produksi gas dalam perut dan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. JIka 1 gelas air yang kita minum = 250 ml, dan diluar waktu makan kita bisa minum anggaplah 5 gelas, maka kita telah minum air putih sebanyak (3×250) + (5×250) = 2 liter / hari.

Pantangan Penderita Ambeien

Berikut ini pantangan penderita ambeien:

  1. Penderita ambeien tidak boleh makan makanan yang terlalu pedas ataupun panas, juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang berlemak karena makanan berlemak memang memicu terjadinya sembelit. Konsumsilah buah da sayuran serta makanan yang mengandung banyak serta seperti roti, gandum, sereal, kacang-kacangan, dll
  2. Hindari mengonsumsi alkohol dan sering-sering minum air putih dan buah-buahan yang mengandung banyak air untuk menghindari dehidrasi
  3. Pantangan ambeien lainnya adalah penderita tidak boleh menahan atau terlalu tegang ketika buang air besar. Maka perlu buang air besar secara teratur.
  4. Mengontrol asupan garam karena kelebihan garam dapat menimbulkan dehirasi yang membuat wasir kambuh lagi
  5. Pantangan ambeien lainnya adalah hindari mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein
  6. Olahraga secara runtin untuk membantu mengurangi sembelit dan meningkatkan kekuatan otot serta dapat menjaga berat badan
  7. Pantangan ambeien yang satu ini pasti sudah tahu bahwa penderita wasir tidak boleh terlalu lama duduk ataupun berdiri.
  8. Tidak boleh terlalu sering mengangkat beban yang berat, apalagi beban di luar kemampuan kita karena itu bisa menjadi pemicu utama wasir untuk kambuh lagi

Jika sudah mengetahui pantangan ambeien apa sajakah yang harus dipatuhi oleh penderita wasir atau ambeien, ada baiknya hal tersebut terus diperhatikan dan jangan usahakan jangan sampai wasir kambuh lagi. Karena wasir yang kambuh lagi akan lebih sulit penanganannya dibandingkan sebelumnya.