Penyebab

Penyebab ambeien yaitu akibat Pembuluh darah di sekitar anus Anda cenderung untuk meregangkan ke bawah tekanan dan mungkin tonjolan atau membengkak. vena bengkak (ambeien) dapat berkembang dari peningkatan tekanan dalam rektum yang lebih rendah.

Mengejan saat buang air besar

Ini bahaya pertama yang mengintaimu kalau kamu terlalu keras mengejan. Otot anusmu akan membengkak akibat tekanan yang terlalu besar. Inilah yang sering disebut sebagai ambeien.

Kamu akan merasakan sakit yang sangat terutama ketika kamu buang air besar, biasanya kamu nggak akan nyaman ketika terlalu lama duduk. Dalam tahap yang parah, kamu akan mengeluarkan darah ketika buang air besar.

Duduk untuk jangka waktu yang lama

Biasanya kegiatan duduk ini dilakukan ketika kita dihadapkan dalam berbagai kondisi. Kondisi paling umum adalah ketika kita merasa lelah untuk berdiri, sehingga memicu sikap tubuh kita untuk duduk. Selain itu, duduk juga secara umum merupakan salah satu bagian dari suatu pekerjaan, seperti menyetir, dan juga pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Rata-rata duduk juga merupakan salah satu metode untuk relaksasi yang biasa dilakukan.

Ketika kita sedang duduk tubuh kita tidak bekerja terlalu berat, sehingga memungkinkan tubuh kita untuk berelaksasi lebih baik lagi. Namun demikian, ternyata ada batasan batasan tertentu untuk melakukan kegiatan duduk ini loh. Paling tidak kita harus bisa melakukan gerakan bervariasi antara duduk dan berdiri, dan disarankan untuk tidak duduk secara terus menerus lebih dari 4 hingga 6 jam.

Diare kronis atau sembelit

Diare adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Kegemukan

Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan.  Seseorang dianggap menderita kegemukan (obese) bila indeks massa tubuh (IMT), yaitu ukuran yang diperoleh dari hasil pembagian berat badan dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam meter, lebih dari 30 kg/m2.

Kegemukan meningkatkan peluang terjadinya berbagai macam penyakit, khususnya penyakit jantung, diabetes tipe 2, apnea tidur obstruktif, kanker tertentu, osteoartritis dan asma. Kegemukan sangat sering disebabkan oleh kombinasi antara asupan energi makanan yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan kerentanan genetik, meskipun sebagian kecil kasus terutama disebabkan oleh gen, gangguan endokrin, obat-obatan atau penyakit psikiatri. Hanya sedikit bukti yang mendukung pandangan bahwa orang yang gemuk makan sedikit namun berat badannya bertambah karena metabolisme tubuh yang lambat; rata-rata orang gemuk mengeluarkan energi yang lebih besar dibandingkan orang yang kurus karena dibutuhkan energi untuk manjaga massa tubuh yang lebih besar.

kehamilan

Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi (misalnya, dalam kasus kembar, atau triplet/kembar tiga).

Hubungan seks dubur

Berhubungan seks lewat dubur dapat memicu terjadinya ambeien.

Diet rendah serat

Diet rendah serat adalah makanan yang terdiri dari bahan makanan rendah serat dan hanya sedikit meninggalkan sisa. Yang dimaksud dengan sisa adalah bagian-bagian makanan yang tidak diserap seperti yang terdapat dalam susu dan produk susu serta daging yang berserat kasar. Di samping itu, makanan lain yang merangsang saluran cerna harus dibatasi.

Ambeien lebih mungkin di derita saat usia bertambah karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di rektum dan anus dapat melemahkan dan peregangan dengan penuaan.