Ambeien

Seperti apa sih Ambeien itu? Secara umum ambeien di artikan dengan benjolan di anus, tanpa di sadari bagaimana mereka muncul. Mereka akan terus membesar dalam jangka waktu yang lama sampai menonjol keluar dan seketika ini baru merasa risih dan tidak nyaman dalam beraktifitas.

Ambeien

Pengertian Ambeien

Dalamm dunia pembahasan ambeien, hal yang paling utama di pahami yaitu adanya benjolan yang muncul di anus. baru kemudian gejala lainnya yang timbul seperti pendarahan saat bab, nyeri, bengkak, rasa gatal-gatal dan beraktifitas yang tidak nyaman.

Istilah Ambeien dalam bahasa inggris disebut Hemorrhoids. Hemorrhoids adalah pembuluh darah yang membengkak di bagian terendah dari rektum dan anus. Kadang-kadang dinding pembuluh darah ini meregangkan sangat tipis bahwa pembuluh darah tonjolan dan merasa kesal, terutama ketika Anda BAB.

Pada awal munculnya ambeien seringkali terabaikan, karena tidak mengganggu aktifitas sama sekali dan juga kadang-kadang tidak di rasakan adanya benjolan yang tubuh di bagian anus. pada kondisi ini di sebut Ambeien stadium 1.

Munculnya benjolan kecil yang keluar setelah bab, seringkali di ikuti dengan menetesnya darah segar, nyeri dan juga Feses yang keras. namun benjolan akan masuk kembali setelah selesai BAB. pada tahap ini di sebut Ambeien Stadium 2.

Ukuran Benjolan di anus yang semakin membesar mengakibatkan benjolan tidak dapat masuk sendirinya kecuali di bantu dengan tangan setelah anda selesai BAB. pada kondisi ini ambeien anda memasuki stadium 3.

Bentuk benjolan ambeien yang sudah tidak dapat masuk kembali saat di dorong pakai tangan atau bisa masuk namun akan keluar kembali. biasanya ukuran dari benjolan ini berkisar bola tenis. pada tahapan ini termasuk ambeien parah dan di sebut ambeien stadium 4.

Penyebab Ambeien

Ada beberapa faktor pemicu yang sudah banyak di kenal sebagai penyebab munculnya ambeien, yaitu akibat kontipasi ( sembelit ), feses yang keras akibat dari sembelit ini akan membuat penderita menjadi mengejan dengan kuat saat buang air besar. Selain itu, penyebab penyakit ambeien lainnya adalah karena faktor kegemukan atau obesitas, akibat penuaan, masalah penyakit diare yang berkepanjangan, dan juga karena melakukan hubungan seksual yang tidak wajar misalnya adalah melakukan hubungan seksual melalui anal yang merupakan beberapa faktor yang sering di jumpai sebagai pemicu dari terjadinya penyakit ambeien.

Berikut ini 11 faktor yang dapat menyebabkan munculnya ambeien:

  1. Penyakit konstipasi yang berkelanjutan karena kekurangan serat dalam makanan.
  2. Obesitas atau kelebihan berat badan.
  3. Batuk dan muntah-muntah yang berkelanjutan.
  4. Sering mengangkat beban berat.
  5. Kehamilan sebagai kondisi yang bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di panggul. Pembuluh darah akan membesar dan ambeien akan muncul. Ambeien biasanya akan sembuh setelah Anda melahirkan.
  6. Bertambahnya usia. Saat usia semakin menua, jaringan penopang tubuh semakin lemah. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ambeien.
  7. Melakukan seks anal.
  8. Diare yang berkepanjangan.
  9. Riwayat kesehatan keluarga dengan ambeien, menjadikan Anda lebih berisiko menderita ambeien.
  10. Terlalu sering duduk dalam waktu lama.
  11. Sering memakan makanan pedan berlebih dan berminyak.

Gejala Ambeien

Gejala ambeien seperti yang sudah anda ketahui, awalnya di tandai dengan rasa yang tidak nyaman ketika duduk dalam waktu lama, merasakan panas dan perih setelah makan-makanan yang pedas dan berminyak. pada saat ini ketika belum di raba mungkin belum bisa di tandai adanya benjolan ambeien. Berikut ini beberapa gejala yang timbul karena adanya benjolan ambeien:

  • Bengkak pada bagian anus setelah BAB
  • Nyeri ketika buang air besar
  • Menetesnya Darah Segar Ketika BAB dengan feses yang keras
  • Rasa gatal pada bagian anus
  • Rasa tidak nyaman ketika duduk.

Ciri-ciri Ambeien

Ciri-ciri Penyakit Ambeien berdasarkan Letak benjolannya di bagi menjadi dua jenis, yaitu Ambeien internal dan eksternal. Ambeien internal biasanya muncul tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar. Darahnya biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematokezia, ada pada kertas toilet, atau menetes ke dalam kloset. Fesesnya sendiri biasanya berwarna normal. Gejala lain di antaranya dapat berupa keluarnya lendir, massa di sekitar anus jika lendir ini turun ke anus, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Ambeien internal biasanya hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis.

Jika tidak terkena trombosis, Ambeien eksternal dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, jika terkena trombosis, Amebein dapat sangat menyakitkan. Namun, nyeri ini biasanya hilang dalam 2 – 3 hari. Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika wasir besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.

Diagnosis Ambeien

Seseorang dapat di diagnosis menderita ambeien dengan mengamati gejala-gejala yang timbul ketika anda melakukan aktifitas keseharian. biasanya akan terasa rasa tidak nyaman ketika sesaat setelah duduk lama, atau konsumsi makanan pedas. anda juga dapat memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes lab untuk mengetahui lebih tepat apakah anda menderita penyakit ambeien atau tidak.

Untuk mengetahui lebih pastinya apakah seseorang terkena ambeien, dokter akan melakukan tes dengan cara:

1. Pemeriksaan Colok Dubur atau Digital Rectal Examination

Bila bagian luar dari anus sudah diperiksa, kemungkinan dokter juga akan melakukan pemeriksaan colok dubur atau digital rectal examination (DRE). Pemeriksaan colok dubur ini dilakukan untuk memeriksa kondisi usus besar bagian bawah (rektum), apakah ada tumbuh massa atau kelainan lain. Dalam prosedur pemeriksaan ini, dokter akan memakai sarung tangan dan menggunakan pelumas. Dokter memakai jari telunjuknya untuk memeriksa apakah ada kelainan di dalam dubur. Pemeriksaan ini seharusnya tidak menyakitkan, tapi Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman. Pemeriksaan colok dubur pada umumnya hanya memakan waktu beberapa menit saja.

2. Prosedur Pemeriksaan Proktoskopi

Pemeriksaan lanjutan memakai proktoskop mungkin diperlukan. Proktoskopi adalah pemeriksaan kanal anus memakai teropong besi atau plastik khusus yang disebut dengan proktoskop. Kanal anus merupakan bagian akhir dari rektum sebelum anus, yang terdiri dari cincin otot yang kontraksi dan relaksasi saat tidak dan akan buang air besar. Sedangkan rektum adalah saluran berotot dengan panjang sekitar 20 cm yang menghubungkan usus besar dengan anus. Anus sendiri merupakan bagian tubuh tempat dikeluarkannya kotoran, isi perut dan gas dari tubuh.

Bahaya Ambeien

Berikut ini 8 bahaya atau faktor resiko yang terjadi akibat terkena Ambeien:

1. Sembelit berkesinambungan

Bahaya ambeien umumnya terjadi karena gaya hidup dan kebiasaan seseorang mengkonsumsi junk food atau makanan siap saji setiap hari memungkinkan seseorang mengalami sembelit dan terserang penyakit wasir ringan, Karena apa yang telah dimakan tidak memiliki kandungan serat yang dibutuhkan tubuh perharinya. Jika terus menerus makan makanan siap saji maka sembelit akan menyerang selama berhari hari. Kondisi ini menyebabkan perut terasa penuh dan tidak nyaman.
Baca juga : Cara mengatasi sembelit yang efektif

2. Rasa mengganjal setelah BAB

Seseorang yang terserang ambeien akan merasakan ada ganjalan didalam anusnya setelah membersihkan anus dengan air yang cukup banyak. Kondisi tersebut menyebabkan seseorang merasa masih ada kotoran yang masih tertinggal di anus.

3. Nyeri tulang belakang

Ambeien yang sudah parah dapat menyebabkan rasa nyeri menjalar kearah punggung atau tulang belakang bagian bawah. Kondisi tersebut disebabkan karena otot dan aliran darah seputar punggung mengalami penyumbatan akibat seseorang mengejan ketika sedang buang air besar yang dipaksakan. Tekanan pada anus dapat mempengaruhi kesehatan tulang punggung bagian bawah.

4. Memicu sel kanker anus

Pendarahan dan peradangan yang terjadi pada seseorang yang mengalami ambeien dalam jangka panjang dan tidaak segera mendapat penanganan secara medis maka infeksi akan ditunggangi oleh berbagai virus yang akan memicu pertumbuhan sel yang abnormal yang akhirnya menjadi sel kanker anus.

5. Tidak nyaman ketika duduk

Bahaya ambeien dapat membuat seseorang menjadi kesulitan untuk duduk dengan nyaman, Ketika duduk maka ambeien yang telah terbentuk diluar anus akan mendapat tekanan dan himpitan beban dari bokong yang jika terus dipaksakan maka akan memicu rasa nyeri dan sakit yang dapat menyebabkan seseorang tak sadarkan diri atau pingsan.

6. Serangan virus

Buang air besar terus menerus dengan mengejan yang dilakukan dengan dipaksa adalah bahaya ambeien yang sering terjadi pada orang dewasa, Karena orang dewasa selalu memaksakan untuk buang air besar karena tuntutan waktu yang tidak banyak. Akibatnya ambeien mengalami pendarahan dan anus ikut mengalami luka. Keadaan ini dapat memicu munculnya infeksi , dimana luka yang telah terbentuk pada ambeien dapat dimasuki virus yang berasal dari feses yang tidak bisa keluar dengan lancar. Serangan virus dari kamar mandi yang tidak steril dapat memperparah kondisi ambeien.

Baca juga 7 cara mengobati ambeien tanpa operasi.

7. Kesulitan tidur

Penyakit ambeien yang telah mengalami pendarahan dan rasa nyeri yang amat menyiksa akan terasa lebih terasa sakit ketika seseorang ingin berangkat tidur malam. Keadaan ini memungkinkan seseorang mengalami kesulitan tidur. Jika terjadi secara belarut larut maka akan memicu munculnya insomnia. Gangguan tidur merupakan bahaya ambeien yang sering dialami penderita ambeien yang sudah parah.

8. Kematian

Penyakit ambeien yang sudah parah tetapi hanya dibiarkan saja dan tidak mendapatkan penanganan medis akan menyebabkan seorang pasien banyak kehilangan sel darah merah dan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan kematian. Kematian merupakan bahaya ambeien yang sering dialami orang orang yang berusia produktif. Hal tersebut dikarenakan tingkat kesibukan yang tinggi sehingga memungkinkan seseorang menjadi kurang sabar ketika buang air besar. Dimana mereka mengejan dengan keras agar feses dapat cepat dikeluarkan.

Pengobatan Ambeien

Pengobatan ambeien umumnya di lakukan dengan dua cara jitu yaitu pengobatan dari dalam dan pengobatan ambeien dari luar. Pengobatan dari dalam dapat di lakukan dengan meminum Ambejoss, Ziirzax dan Mengikuti anjuran serta pantangannya. sedangkan pengobatan dari luar di lakukan dengan mengoleskan salep salwa, dan juga operasi.

Pengobatan Dari Dalam

Cara yang bisa di katakan mudah untuk membantu meringankan ambeien dari dalam dapat di lakukan dengan meminum obat ambeien ambejoss dan ziirzax.

obat manjur buat ambeien parah

Ambejoss sudah di kenal sebagai obat herbal ambeien di indonesia, obat ini terbuat dari bahan alami seperti daun ungu, mahkota dewa dan kunyit putih yang berkhasiat untuk mengobati ambeien dari dalam. Adapun kandungan yang terdapat di dalam Ambejoss sebagai berikut:

1. Daun Ungu

Daun Ungu berfungsi untuk mengatasi ambeien dan sembelit. kandungan daun ungu antara lain Alkaloid non toksit, flavonoid, glokosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format, dan lemak dengan berbagai kandungan kimiawinya, daun ungu mempunyai sifat sebagai anti inflamasi, anti plak gigi, dan mencegah sakit keptika manopouse, peluruh kencing, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan(laksatif), dan pelembut kulit(emoliens).

Daun tumbuahan ini mengandung alkaloid yang tidak beracun, glikosida, steroid, saponin, tanin, klorofil, dan lendir. Batang daun wungu mengandung kalsium oksalat, asam formik dan lemak. Bagian yang digunakan antara lain daun, kulit batang dan bunganya. Daun ungu adalah tumbuhan perdu yang tegak. Tingginya adalah 1,5-8 m. Batangnya termasuk batang berkayu, beruas, permukaannya licin dengan warna ungu kehijauan. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat, pertulangannya menyirip, permukaan atasnya mengkilap, dan tepinya rata. Bunganya majemuk, keluar di ujung batang, dengan rangkaian tandan yang berwaran keunguan dengan panjang 3-12 cm. Buahnya berbentuk kotak yang lonjong, berwarna ungu kecoklatan. Bijinya bulat dan putih dan berkulit tebal. Akarnya berjenis tunggal dan berwarna coklat muda

2. Buah Mahkota Dewa

Mahkota Dewa Sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia.Tanaman ini Asalnya dari Papua/Irian Jaya. dari Buah mahkota dewa tersebut mengandung beberapa zat aktif Di antaranya:

  • Zat Alkaloid, bersifat Sebagai detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh
  • Zat Saponin, yang bermanfaat sebagai:
    • meningkatkan vitalitas
    • mengurangi kadar gula dalam darah
    • mengurangi penggumpalan darah
    • sumber anti bakteri dan anti virus
    • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Zat Flavonoid
    • mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner
    • mengandung antiinflamasi (antiradang)
    • berfungsi sebagai anti-oksidan
    • membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan
    • melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
    • mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
  • Zat Polifenol
    • berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)

Tanaman atau pohon mahkota dewa Pada umumnya ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.

Untuk memperpanjang waktu penyimpanan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Kondisi pengeringan yang tepat akan menentukn mutu hasil pengeringan yang tinggi.

3. Kunyit Putih

Kunyit Putih atau di sebut juga Curcuma zedoaria di kenal sebagai salah satu tanaman obat yang cukup berkhasiat. Kunyit putih banyak digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi sejumlah penyakit yang menyerang tubuh. Penggunaannya bisa sebagai obat dalam ataupun luar. Salah satu khasiat dari kunyit putih yaitu dapat digunakan sebagai obat anti kanker dan tumor. Berdasarkan hasil dari salah satu penelitian yang dilakukan oleh Chan minyi bersama rekan-rekannya (hasil penelitian dimuat dalam buku berjudul ” Anti Cancer Medical Herbs “) menyebutkan bahwa unsur kimia dalam kunyit putih memiliki kemampuan mengatasi penyebaran sel kanker dan tumor dalam tubuh secara efektif. dan masih banyak lagi manfaat dari Kunyit putih ini.

Pengobatan Dari Luar

Pengobatan ambeien dari luar juga dapat di lakukan dengan menggunakan salep salwa. caranya dengan mengoleskannya 2x sehari pagi dan sore secara rutin sampai benjolannya mengempis.

salep salwa

Salep Wasir salwa dari De Nature. Salep ini terbuat dari bahan bahan alami berkhasiat yang sangat aman, bahan bahan Yang Di gunakan untuk membuat salep ini di antaranya: propolis murni, daun binahong, dan minyak zaitun. Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getahatau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil, hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan malam lebah. Warnanya tergantung sumber tumbuhannya, namun biasanya coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Sementara jika lebih rendah, akan menjadi keras dan rapuh. Selain itu menurut penelitian para ahli lebah, propolis ini juga dapat menguatkan dan menahan sarang lebah dari guncangan atau gangguan yang datang dari luar.

Daun binahong yang terdapat dalam Salep wasir Salwa sudah diketahui memiliki khasiat yang ampuh untuk mencegah dan mengobati penyakit wasir karena memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah.

Adapun bahan lainnya yakni minyak zaitun. Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak dapat digunakan untukmemasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandunglemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol). Minyak ini telah terkenal di seluruh dunia sebagai bahan alami yang sangat berkhasiat karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat melarutkan lemak jenuh dalam tubuh. Lemak jenuh adalah jenis lemak jahat yang dapat menyumbat saluran peredaran darah yang dikenal juga dengan HDL, sementara lemak tak jenuh adalah lemak baik yang dapat menghilangkan timbunan lemak jahat yang menyumbat jalannya aliran darah dalam tubuh dengan cara melarutkannya untuk kemudian dibuang.